Sekolah Selam, Pusat Pelatihan Selam Indonesia
Beranda » Dive Course and Dive Class » Sekolah Selam, Pusat Pelatihan Selam Indonesia
Sekolah Selam, Pusat Pelatihan Selam Indonesia
Jumat, 14 Oktober 2016 - 15:56:30 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Dive Course and Dive Class - Dibaca: 3362 kali


Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) merupakan sebuah lembaga pendidikan kejuruan atau lebih tepatnya sebagai lembaga pelatihan khusus dalam bisang keahlian menyelam. Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) akan menyiapkan penyelam-penyelam profesional yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan dan pekerjaan bawah air. Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) juga memberikan kursus singkat menyelam untuk kebutuhan pariwisata. Selain itu Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) juga mengadakan sertifikasi penyelaman bagi Anda yang akan menjadi penyelam profesional.

Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) adalah sebuah aktivitas pelatihan selam yang bertujuan untuk belajar menyelam atau menjadi penyelam atau hanya sebagai penyegaran saja (karena sudah lama tidak melakukan penyelaman). Banyak manfaat yang diperoleh jika Anda mempunyai kemampuan atau keahlian menyelam, antara lain Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Indonesia melalui aktivitas Diving Tour, mempunyai kesempatan mengambil pekerjaan-pekerjaan bawah air, menjadi instruktur selam, menjadi pendamping kegiatan penyelaman dan lain-lain.

Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) memberikan kursus singkat menyelam untuk kebutuhan pariwisata. Untuk dapat menikmati wisata bawah air laut diperlukan kemampuan menyelam. Dengan kemampuan menyelam, Anda dapat menikmati keindahan bawah air laut dengan gugusan terumbu karang yang cantik. Salah satu kemampuan dasar menyelam yang diberikan secara singkat dari Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) adalah Snorkling Class. Program Snorkeling Class dari Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) ini akan mengajarkan Anda dalam menggunakan masker dan snorkel. Dengan kemampuan menggunakan masker dan snorkel, Anda sudah dapat menikmati keindahan bawah laut Indonesia.

Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) mempunyai program Diving Sertification dimana Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) mengadakan sertifikasi penyelaman bagi Anda yang akan menjadi penyelam profesional. Sertifikasi Penyelam (Diving Sertification) adalah kegiatan uji kemampuan seorang penyelam yang berkaitan dengan kemampuan dan kapasitasnya sebagai penyelam. Uji Kemampuan dan kapasitas penyelam dituangkan dalam beberapa tingkatan (Sertification Level). Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) menyelenggarakan program Sertifikasi Penyelam (Diving Sertification) dari beberapa organisasi selam.

Jenis program kegiatan yang dilakukan dalam Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) antara lain :

  1. Snorkel Course. Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) mempunyai program Snorkel Course yang merupakan program belajar selam bagi para pemula. Snorkel Course atau selam permukaan atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan hanya mengenakan peralatan dasar berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, pada Snorkeling ini penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) yang bersungsi untuk menambah daya dorong pada kaki.
  2. Scuba Course, Akronim dari Scuba adalah Self Contained Underwater Breathing Apparatus. Tetapi istilah Scuba sudah menjadi istilah umum untuk peralatan selam. Sedangkan Scuba Diving adalah penggunaan alat pernapasan bebas di bawah air dalam waktu lama untuk penyelaman rekreasi (Fun Diving) dan penyelaman profesional (Profecional Diving), yang biasanya dilakukan sambil berenang di bawah air. Scuba Course mempunyai 2 jenis program, yaitu Scuba Trial dan Scuba Refreshment. Scuba Trial adalah belajar menggunakan scuba untuk peserta Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) yang belum pernah menggunakan Scuba. Sedangkan Scuba Refresh adalah Program penyegaran kembali tentang penggunaan Scuba (peralatan selam) dikarenakan sudah lama tidak melakukan kegiatan penyelamam agar kemampuan Scuba Diving tetap terjaga dan tidak lupa. Kegiatan Scuba Diving Refresh ini dianjurkan bagi semua penyelam (Diver) minimum setiap 3 bulan agar kemampuan selamnya tetap terjaga dengan baik.
  3. Dive ClassSekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) menyelenggarakan program Dive Class yaitu sebuah program belajar menyelam yang merupakan persiapan untuk mengambil program sertifikasi. Dive Class ini terdiri dari Pool Class dan Room Class.
  4. Dive Sertification. Sertifikasi Penyelam (Dive Sertification) adalah kegiatan uji kemampuan seorang penyelam yang berkaitan dengan kemampuan dan kapasitasnya sebagai penyelam. Uji Kemampuan dan kapasitas penyelam dituangkan dalam beberapa tingkatan (Sertification Level).
  5. Dive Trip. Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) menyelenggarakan program Dive Trip yang merupakan rangkaian akhir dari program Diving Sertification. Dive Trip adalah kegiatan penyelaman di perairan terbuka atau laut terbuka, yang merupakan salah satu bagian dari program sertifikasi penyelaman (Sertification Diving). Pada umumnya kegiatan Dive Trip ini dilakukan di laut terbuka dengan kondisi kedalaman sesuai dengan tingkat sertifikasi (sertification level) yang akan diambil

 

Dengan mengikuti Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) diharapkan Anda minimum mempunyai kemampuan dasar menyelam sehingga Anda dapat mengikuti kegiatan penyelamam. Dengan Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) Anda akan memiliki kemampuan menyelam yang baik. Sekolah Selam (Pusat Pelatihan Selam Indonesia) akan menyiapkan peselam-peselam profesional yang dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan, antara lain :

  1. Bidang Perkapalan, antara lain untuk pekerjaan pengelasan, pengecekan dan pembersihan lambung kapal.
  2. Bidang Pertambangan, antara lain untuk pekerjaan pengelasan dan pengecekan pipa bawah air.
  3. Bidang Konservasi, antara lain untuk identifikasi terumbu karang.
  4. Bidang Budidaya, antara lain untuk pekerjaan penanaman rumput laut, pengecekan pertumbuhan budidaya kerang mutiara
  5. Bidang Pariwisata, antara lain untuk pekerjaan Tour Guide
  6. Dan lain-lain


Berita Lainnya


0 Komentar