Sertifikasi Selam (Dive Setification), Tolok Ukur Profesionalitas Penyelam
Beranda » Dive Sertification » Sertifikasi Selam (Dive Setification), Tolok Ukur Profesionalitas Penyelam
Sertifikasi Selam (Dive Setification), Tolok Ukur Profesionalitas Penyelam
Jumat, 04 November 2016 - 15:14:43 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Dive Sertification - Dibaca: 2024 kali


Sertifikasi Selam (dive sertification) adalah proses kegiatan uji kemampuan seorang penyelam yang berkaitan dengan kemampuan dan kapasitasnya sebagai penyelam. Uji Kemampuan dan kapasitas penyelam dituangkan dalam beberapa tingkatan (Sertification Level). Pengakuan kemampuan atau keahlian menyelam seorang peselam (diver) dilakukan melalui uji sertifikasi selam (dive sertification).


Bagi seorang penyelam (diver), tujuan mengikuti Sertifikasi Selam (dive sertification) adalah :

  1. Menguji tingkat kemampuan menyelam (dive level skill)
  2. Melegalisasi atau mengesahkan kemampuan menyelam (dive approval skill)
  3. Bergabung dengan salah satu organisasi sertifikasi selam (dive sertification)
  4. Untuk persiapan mengikuti wisata penyelaman.

 

Adapun beberapa organisasi yang dapat melakukan Sertifikasi Selam (dive sertification) yang di kenal di Indonesia adalah :

  1. POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia), POSSI besasal dari Perancis, Saat ini POSSI bekerjasama dengan Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques (CMAS), dalam melakukan pelatihan dan sertifikasi bagi para peselamnya.
  2. SSI (Scuba School International), SSI berasal dari Amerika Serikat, SSI Didirikan pada tahun 1970 di California Amerika Serikat oleh Robert A Clark. SSI merupakan lembaga sertifikasi dan pelatihan selam terbaik di dunia. Pusat pelatihannya terdapat diberbagai belahan dunia, termasuk indonesia.
  3. NAUI (National Association of Underwater Instructors), NAUI berasal dari Amerika Serikat, NAUI didirikan oleh Al Tillman, John C. Jones, Jr., dan Neal Hess pada tahun 1960. Saat ini NAUI adalah organisasi pelatihan dan sertifikasi selam terbesar kedua di dunia
  4. PADI (Professional Association Diving Instructors), PADI berasal dari Amerika Serikat, PADI merupakan organisasi terbesar dan paling terkenal di dunia, didirikan oleh Ralph Erickson dan John Cronin pada tahun 1966, dan berpusat di California, Amerika Serikat
  5. ADS-I (Association of Diving school International), ADS-I ini berasal dari Jepang, Organisasi Selam ADSI ini didirikan oleh Noboru Mochizuki pada tahun 1980 dengan nama ADS-Japan dan pada tahun 1993 oleh Questeau dan Gagnan diubah menjadi ADS-International. ADS-I berpusat di Yokohama,Jepang dan Indonesia merupakan salah satu chapter yang paling aktif

 

Sebagai lembaga pelatihan selam, Diplines Sekolah Selam menyelenggarakan Sertifikasi Selam (dive sertification) secara periodik mulai dari level pemula sampai dengan level Instruktur. Induk organisasi sertifikasi selam (dive sertification) yang difasilitasi oleh Diplines Sekolah Selam adalah :

  1. PADI, untu lokasi di Jakarta
  2. POSSI, untuk lokasi di Jakarta
  3. SSI, untuk lokaso di Semarang

 

Segera daftarkan diri untuk mengikuti Sertifikasi Selam (dive sertification) di Diplines Sekolah Selam. Jika Anda mendaftar sertifikasi selam (dive sertification) minimum untuk 4 (empat) peserta maka anda dapat menentukan waktu penyelengaaraan sertifikasinya. Tetapi jika Anda mendaftar sertifikasi selam (dive sertification) hanya sendiri atau kurang dari 4 (empat) maka penyelenggaraan sertifikasi selamnya digabungkan dengan peserta yang lain.


 

 



Berita Lainnya


0 Komentar