ASD-I, Association of Diving School International
Beranda » Dive Sertification » ASD-I, Association of Diving School International
ASD-I, Association of Diving School International
Jumat, 04 November 2016 - 16:36:12 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Dive Sertification - Dibaca: 1279 kali


Bagi kalangan penyelam SCUBA di Indonesia, nama organisasi selam seperti CMAS-POSSI & PADI terasa lebih fasih terdengar ditelinga dari pada nama ADS International (ADS-I). Padahal sejak tahun 1996 Indonesia telah secara resmi menjadi representative untuk wilayah Indonesia dengan kantor pusat di Denpasar, Bali.

 

Organisasi selam ADS (Association of Diving School) berdiri pertama kali pada tahun 1980 dengan pendirinya adalah Noboru Mochizuki. Pada saat itu masih menggunakan nama ADS Japan. Baru pada tahun 1993 saat ulang tahun AQUALUNG ke 50 di Jepang, secara resmi perubahan nama ADS Japan menjadi ADS International. Perubahan nama ini diprakarsai oleh Questeau (dikenal sebagai bapak penyelaman dunia) dan Gagnan ( dikenal sebagai penemu tabung scuba).

 

Simbol ADS Internasional diambil dari relief dinding batu Ekspedi Assyiria abad ke-9 sebelum masehi. Relief dinding batu ini masih dapat dijumpai di Museum “Great Britain” Inggris. Didalam Relief tersebut digambarkan seorang tentara Assyiria tengah menyelam dengan menggunakan kantung udara sebagai alat bantu bernafas.

 

Dengan berfilosofi “Joyfull & Safety Diving” banyak Negara selain Jepang sebagai pendiri yang bergabung dan berkembang bersama ADS-I, negara-negara itu antara lain adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, China, Taiwan, Philippines, Micronesia, Vietnam, Brazil, German, Ukraina, dan Holland dan masih banyak lagi. Sejak tahun 1989 telah diadakan acara Annual Meeting yang dihadiri perwakilan anggota ADS-I dari seluruh dunia. Kegiatan “Annual Meeting” diselenggarakan di negara yang berbeda pada tiap tahunnya. Pada forum internasional ini disahkan berbagai kebijakan organisasi dan pelaporan perkembangan ADS-I dari masing-masing Negara anggota.

 

Perkembangan yang menggembirakan bagi ADS-I Indonesia (ADSI-INA) dimana pada tahun 2003 secara resmi status ADSI-INA menjadi CHAPTER/ Divisi Jaringan. Hal ini merupakan suatu langkah maju dimana ADSI-INA diberikan wewenang untuk mengembangkan kegiatan selam secara independent dengan ruang lingkup nasional, tanpa harus menunggu perintah atau program dari kantor pusat di Jepang. Kenaikan jenjang ini membuat ADS-I Indonesia melalui jaringan para instruktur dapat berbuat banyak dalam mengembangkan aktifitas selam. Kebebasan yang didapat bukan berarti ADS-I Indonesia berhak mengubah segalanya, ADSI-INA tetap harus tunduk terhadap Policy dasar dari ADS-I pusat di Jepang. Saat ini ADSI-INA dipimpin oleh Hidayat Prayogo, dimana beliau juga adalah pendiri dari ADSI-INA.

 

Keunikan ADSI-INA adalah Indonesia merupakan Negara yang memiliki dan sebagai pusat “Scientific Diver” dengan penguji dari ADS International Scientific Instructor Board. Program pelatihan selam ilmiah ini disahkan oleh Badan Direksi ADS International Pusat tanggal 27 Februari 2005 pada acara Annual meeting di Yokohama, Jepang.

 

Setiap organisasi selam internasional selalui mempunyai jenjang/level sertifikat selam, mulai dari tahap awal sampai menjadi instruktur. Pada setiap level terdapat masing-masing tingkat kesulitan dan peningkatan skill keahlian. Setiap penyelam yang menginginkan peningkatan jenjang selam wajib memenuhi kriteria pada tiap jenjang yang diambil. Tahap penilaian dibagi dua yaitu penilian hasil ujian tertulis (ujian PAP) atau ujian praktek (Ujian LKK & LPT). Apabila pada saat tertulis peserta tidak dapat memenuhi standard nilai / kemampuan yang ditentukan maka peserta tersebut wajib mengulang sampai mencapai hasil yang telah ditentukan. 

 

 

TABEL JENJANG SELAM ADS Internasional

Level Keterangan Dasar

Snorkel Diver

Kemahiran tingkat Snorkel Diver, merupakan fundamental  dalam ilmu penyelaman,untuk menjadikan seseorang penyelam yang sejati. Kebutuhan minimal : 4 Skin Dive Log

Basic Diver

Keterampilan dan kemampuan dasar seorang untuk dapat menjadi   seorang penyelam Scuba yang baik dan benar dengan basis keterampilan yang berasal dari SNORKEL DIVER.

Jumlah log selam wajib : 4 kali penyelaman

Open Water Diver

Sertifikasi jenjang OPEN WATER DIVER merupakan tingkat intermediate bagi penyelam SCUBA, dengan basis keterampilan yang berasal dari BASIC DIVER.

Kebutuhan minimal  : 12 Log penyelaman

Advance Diver

ADVANCE DIVER adalah : tingkat lanjutan bagi penyelam SCUBA, berdasarkan keterampilan, kemampuan dan pengalaman yang lebih tinggi.

Kebutuhan minimal : 30 Log Penyelaman

Rescue Diver

RESCUE DIVER diperuntukkan bagi seorang penyelam SCUBA yang memiliki kemampuan untuk dapat bertindak sebagai penyelam penolong.

Kebutuhan minimal : 60 Log Penyelaman 

Dive Master

DIVE MASTER adalah jenjang penyelam SCUBA dengan kemampuan dan keterampilan yang tinggi,  juga merupakan tingkat persiapan untuk menjadi instruktur selam.

Kebutuhan minimal : 125 Log penyelaman

NITROX

NITROX DIVER : tingkat keterampilan penyelam dalam menggunakan media nafas dengan peng-kayaan unsur oksigen untuk keperluan penyelaman khusus.

Persyaratan minimal : pemegang serifikat ADVANCE DIVER

Reef Check

REEF CHECK DIVER : Penyelam Scuba dengan kemampuan untuk melakukan monitoring dan mendata tentang kondisi

terumbu karang maupun ikan untuk keperluan konservasi.

Persyaratan minimal : pemegang sertifikat ADVANCE DIVER

Scientific Diver

SCIENTIFIC DIVER : sertifikasi khusus yang diperuntukkan bagi penyelam minimal tingkat ADVANCE DIVER dengan basis intelektual perguruan tinggi.

Instructor

Pelatih Selam Bintang 1 & 2

 

INSTRUKTUR adalah : seseorang yang berpredikat pelatih selam, yang berhak mengeluarkan dan menanda tangani sertifikat selam pada sebuah pelatihan atau pendidikan selam

Sumber : Hidayat Prayogo & http://www.ads-ina.org

 

Bagi para penyelam yang sudah bersertifikat dari induk organisasi selam internasional lain tetapi tertarik untuk pindah & menaikan jenjang selam melalui ADS-I, maka ADS-I mempunyai suatu program yaitu cross over . Dengan program ini maka seorang penyelam yang sudah bersertifikat selam dengan jenjang tertentu dari induk organisasi selam international bila ingin mendapatkan sertifikat selam dari ADS-I tidak perlu memulai dari bawah (snorkel diver / Basic Diver), dengan program cross over ADS-I maka para penyelam akan dilihat sertifikat terakhirnya dan sertifikat tersebut akan disetarakan sesuai dengan tingkatan jenjang yang ada di ADS-I. Setelah itu para penyelam dapat mengambil sertifikat selam ADS-I pada jenjang yang lebih tinggi.

 

Berikut ini adalah ilustrasi penyetaraan jenjang sertifikat dari POSSI-CMAS ke ADS-I

POSSI - CMAS Penyetaraan ADSI-INA
One Star Setara Dengan Basic Diver
Two star Setara Dengan Open Water Diver
Three Star Setara Dengan Advance Diver

Syarat-syarat untuk melakuan cross over (perpindahan silang) cukup sederhana dan tidak berbelit-belit, syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Hubungi instruktur yang terdekat untuk applikasi

  2. Membeli SAF ( Student Application Form ) dan mengisinya.dgn lengkap

  3. Mengisi medical history  form

  4. Photo copy certifikat sebelumnya

  5. Photo copy log selam terakhir ( minimal 6 halaman atau 3 lembar bolak balik)

  6. Pas photo berwarna 2x3 (3 buah)

  7. Membayar cross over level fees ( tergantung level )

 

Rencanakan penyelaman Anda dengan baik dan menyelamlah sebaik-baiknya sesuai dengan rencana Anda.

Sumber : http://www.uksa387undip.8k.com

 

 

Segera daftarkan diri untuk mengikuti Sertifikasi Selam (dive sertification) di Diplines Sekolah Selam. Jika Anda mendaftar sertifikasi selam (dive sertification) minimum untuk 4 (empat) peserta maka anda dapat menentukan waktu penyelengaaraan sertifikasinya. Tetapi jika Anda mendaftar sertifikasi selam (dive sertification) hanya sendiri atau kurang dari 4 (empat) maka penyelenggaraan sertifikasi selamnya digabungkan dengan peserta yang lain.

 

 

 

 



Berita Lainnya


0 Komentar